Selasa, 11 September 2012

Foke Bagi-bagi Kartu Kesehatan untuk 1000 Nelayan Jakarta Utara

yg pake baju kotak-kotak juga dapet kartu
Jakarta Sekitar 500 nelayan Jakarta Utara memenuhi gedung olahraga di Komplek TNI AL Dewa Ruci Cilincing, Jakarta Utara untuk mendapatkan kartu kesehatan. Kartu kesehatan yang disebut Kartu Jaminan Kesehatan Daerah untuk nelayan tersebut dibagikan oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

"Jadi pada kesempatan baik ini kami memberikan JPK Gakin untuk nelayan, jumlahnya 1.000 lebih yang tersebar dari Kamal Muara sampai Marunda. Semua mendapatkan pelayanan yang sama. Kita harapkan mereka ini tidak perlu mikir biaya kesehatan. Jadi penghasilan mereka bisa untuk kepentingan lain. Sekolah untuk anak-anak nelayan juga gratis, jadi kita harapkan nelayan di Jakarta bisa sejahtera," kata pria yang akrab disapa Foke tersebut usai membagikan kartu Jamkesda kepada para nelayan di lokasi, Selasa (11/9/2012).

Foke menjelaskan Pemprov Jakarta telah memberikan perhatian kepada para nelayan di Jakarta. Beragam bentuk bantuan pun telah diserahkan dan didapatkan para nelayan sejak dulu sehingga program kesehatan tersebut menjadi salah satu pelengkap bantuan yang diberikan.

"Jadi nelayan ini termasuk kelompok kurang mampu dan memerlukan perhatian. Kita mengambil inisiatif banyak sekali perhatian yang kita berikan untuk nelayan. Ini perhatian pemerintah daerah kepada nelayan Jakarta, sebagian juga sudah diberikan fasilitas perumahan," ujar Foke.

Foke menilai profesi nelayan adalah profesi yang paling produktif di Jakarta karena setiap hari harus menantang kondisi alam dalam mencari nafkah. Selain itu koperasi pinjaman disebut telah banyak membantu para nelayan.

"Jadi kalau perlu pinjaman untuk memperbaiki jala dan perahu. Jadi ada dukungan logistik yang cukup untuk bekerja secara berkesinambungan, tidak lagi tergantung pada rentenir," ujar Foke.

Selain itu, gubernur yang turut dalam pilgub DKI Jakarta 2012 tersebut mengaku telah mempersiapkan kabupaten Kepulauan Seribu untuk pembudidayaan hasil laut. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu opsi untuk para nelayan jika memasuki musim-musim yang tidak baik untuk melaut.

"Dengan begitu nelayan tangkap ini melihat peluangnya lebih besar budidaya, mereka pun akan beralih. Ini akan kita dukung dengan penelitian termasuk lokasi," ujar Foke.


http://news.detik.com/read/2012/09/11/194430/2015269/10/foke-bagi-bagi-kartu-kesehatan-untuk-nelayan-jakarta-utara?991104topnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar