Sabtu, 11 Agustus 2012

Partai-partai Besar Hindari Jokowi Karena Faktor Prabowo?

Jakarta Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo jelas unggul di putaran pertama. Peluang Wali Kota Solo itu untuk menang pun tinggi. Namun kenapa partai-partai besar seperti PKS dan Partai Golkar lebih memilih Fauzi Bowo?

Pengamat politik dari Universitas Gajah Mada, Arie Sudjito, menilai faktor Prabowo di belakang Jokowi cukup berpengaruh. Partai-partai besar itu tak mau memberikan dukungan karena khawatir Prabowo akan sangat dominan saat pemilihan presiden pada 2014 mendatang.

"Bisa karena faktor Prabowo. Jadi kan begini, banyak orang membaca, bukan karena nggak suka Jokowinya tapi orang meilhat kemenangan Jokowi akan jadi investasi politik Prabowo. Itu yang dilihat Golkar cs," kata Arie saat berbincang lewat telepon, Minggu (12/8/2012).

Menurut Arie, Pilgub DKI Jakarta adalah tolak ukur Pemilu Legislatif dan Presiden 2014. Siapa pun pemenang di ibu kota, bisa berpeluang besar menang juga secara nasional. 

Nah, partai-partai politik yang sudah memiliki jago tersendiri untuk Pilpres tak mau mendukung Jokowi yang dibekingi Prabowo. Bila itu dilakukan, mereka sama saja mendukung Prabowo menang pada Pilpres nanti.

"PKS juga begitu, ini fenomena di jakarta ini lain. Dia juga relatif merepresentasi pertarungan nasional, koalisi PDIP-Gerindra ini juga salah satu fenomena representasi nasional," tegasnya.

"Bukan karena orang nggak suka kepada Jokowi. Bukan soal isu SARA, tapi soal leadership untuk saling mengganjal," sambungnya.


http://news.detik.com/read/2012/08/12/091112/1989315/10/partai-partai-besar-hindari-jokowi-karena-faktor-prabowo?991104topnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar