Kamis, 12 Juli 2012

Jokowi itu pemimpin yg lemah

Adalah salah menganggap pemimpin itu harus terjun ke lapangan. Jokowi adalah pemimpin yang hanya satu jam di kantor dan sisanya ada dilapangan. Pemimpin seperti ini adalah pemimpin tidak efisien bukan strong leader. Organisasi dibawah Jokowi akan menjadi lemah karena Jokowi akan sering tidak punya waktu.

Robert Heller mendefinisikan pendelegasian sebagai mempercayakan pekerjaan pada orang lain akan tetapi tanggung jawab atas pekerjaan atau pekerjaan tersebut masih berada di tangan pendelegasi.Tony Atherton mendefinisikan pendelegasian pekerjaan sebagai mempercayakan wewenang dan tanggung jawab kepada orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang didefinisikan dengan jelas, dan disetujui di bawah pengawasan pendelegasi sambil tetap memegang seluruh tanggung jawab atas keberhasilan pekerjaan atau pekerjaan itu.

Dari uraian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa :Pendelegasian ialah proses terorganisir dalam kerangka hidup organisasi/keorganisasian untuk secara langsung melibatkan sebanyak mungkin orang dan pribadi dalam pembuatan keputusan, pengarahan, dan pengerjaan kerja-yang berkaitan dengan pemastian tugas

Pendelegasian ialah tindakan memercayakan tugas (yang pasti dan jelas), kewenangan, hak, tanggung jawab, kewajiban, dan pertanggungjawaban kepada bawahan secara individu dalam setiap posisi tugas. Pendelegasian dilakukan dengan cara membagi tugas, kewenangan, hak, tanggung jawab, kewajiban, serta pertanggungjawaban, yang ditetapkan dalam suatu penjabaran/deskripsi tugas formil dalam organisasi.

Ada beberapa alasan mengapa pimpinan harus melakukan pendelegasian , yaitu :

  1. Untuk mengembangkan organisasi 
  2. Menghemat waktu bagi pimpinan 
  3. Memotivasi dan mengembangkan bawahan. 
“Dengan melakukan pendelegasian, kita mungkin tidak dapat bekerja dengan tingkat efisiensi 100 %, namun kita dapat berprestasi pada tingkat 100 %, 200 % atau bahkan 1000 % dari apa yang dapat Anda capai bila mengerjakan segala sesuatunya sendiri” sebuah ungkapan yang mengena untuk mendobrak resistensi terhadap pendelegasian pada masa lalu.

Jadi jadi jelas cara Jokowi itu tidak organize, Jokowi bukan orang yang tepat memimpin Jakarta, karena hanya pemimpin yg kuat (strong leader) yang mampu mendelegasikan pekerjaan kpd bawahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar