Sabtu, 28 Juli 2012

Hasil Penilaian Adipura Solo Jeblok

 SOLO—Hasil penilaian fisik Adipura Kota Solo 2011-2012 pada pemantauan pertama jeblok. Berdasarkan data yang diperoleh Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), terdapat 15 dari 17 lokasi yang digunakan untuk penilaian.
Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/SOLOPOS

Lokasi tersebut meliputi perumahan, jalan, pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan puskesmas, hutan kota, taman kota, terminal bus dan angkot, stasiun KA, perairan terbuka, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), peralatan sampah dan pengolahan sampah.

Dari data tersebut hanya terdapat dua lokasi dengan hasil baik, yakni di rumah sakit dan hutan kota dengan masing-masing memiliki nilai 74,16 dan 81. Sementara, dari data yang diperoleh, nilai terjelek pada lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dengan skor 41,49.

Saat dimintai konfirmasi, Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Gatot Sutanto, menuturkan terkait dengan pengelolaan sampah di jalan, pihaknya mengaku sudah maksimal dalam mengerahkan petugas.

”Kami sudah maksimal dalam menjalankan tugas. Sampah di jalan itu hitungannya menit. Sehingga sulit untuk dikendalikan,” ungkapnya saat ditemui wartawan, Jumat (8/3), di ruang kerjanya.

Trotoar & PKL
Dijelaskan Gatot, penilaian pada Adipura untuk lokasi jalan tidak hanya terbatas pada banyak tidaknya sampah. Namun, masih terdapat komponen lainnya seperti trotoar, pedagang kaki lima, ruang terbuka hijau, serta saluran drainase yang di luar kewenangan DKP.

Terkait dengan pengelolaan sampah di jalan, pihaknya telah menerjunkan petugas untuk membersihkan jalan yang terbagi dalam empat shift, yakni pagi, siang, sore, dan malam. Di sela-sela shift tersebut terdapat petugas yang keliling untuk mengecek kondisi kebersihan jalan.

”Kami tidak tahu kapan petugas tersebut melakukan penilaian. Karena memang seperti itu peraturannya. Nanti masih ada penilaian lagi, untuk itu kami akan memperbaiki pengelolaan sampah di jalan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala DKP Solo, Satriyo Teguh Subroto, saat akan dimintai konfirmasi tidak berada di tempat. Saat dihubungi melalui telepon, ponselnya tidak aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar